Tuesday, November 4, 2008

Band Indie di Kampus Unsoed



Indie berasal dari potongan kata dalam bahasa inggris "independent" yang bermakna bebas. Musik indie berarti musik yang tidak di pengaruhi oleh pihak lain, seperti label rekaman, selera pasar, bahkan fans mereka sendiri. Mereka bebas berekspresi, menggali kretifitas melalui musik. Jakarta dan Bandung adalah titik kemunculan dan perkembangan komunitas musik indie. Dan kemudian melebarkan sayapnya hingga Yogyakarta, Semarang, Surabaya, bahkan Purwokerto.


Unsoed (Universitas Jendral Soedirman) merupakan kampus yang telah melahirkan band-band Indie di kota Purwokerto. Diantara dari mereka adalah : Screaming For Something, Stadium 12, Soulsaver, Missed Call, Makadam Binti Tumbelina, bahkan Tunas Bangsa Symphony yang lolos dalam kompilasi berskala nasional yang di sponsori oleh perusahaan rokok terkenal.


Mereka adalah beberapa contoh dari band indie yang sedang mulai merintis menjadi band yang layak diperhitungkan. Mereka juga nggak mau munafik jika ada label rekaman yang ingin menggandengnya untuk menjadi band mayor label.





sumber : sketsa (dengan beberapa perubahan)
gambar dari sini.